Manfaat Pijat Untuk Bayi

pijat bayi

Pijat pada bayi diyakini memiliki banyak manfaat bagi perkembangan bayi. Kegiatan memijat bayi tanpa disadari akan menciptakan komunikasi secara fisik maupun batin antara ibu dan bayi. Lakukan secara lembut dan penuh rasa hati-hati. Biasanya semua senyum dan celoteh ibu akan dibalas senyuman dan tatapan mata bayi. Menyenangkan bukan…dengan begitu akan terjalin ikatan batin yang kuat antara ibu dan bayi. Nah apa saja manfaat pijat bagi perkembangan bayi?

  1. Pernyataan kasih sayang Saat bayi merasakan di pijat, dia akan merasakan kelembutan tangan serta cinta kasih dari Bunda, rasa kasih sayang adalah hal yang terpenting untuk pertumbuhan bayi, karena Bayi bisa merasakan bagaimana sentuhan hangat belaian tangan orang tua yang begitu menyayanginya
  2. Menguatkan otot bayi pijatan yang diberikan oleh sang ibu sangat bermanfaat untuk menguatkan otot-otot bayi.
  3. Membuat bayi lebih sehat Manfaat pijat bayi juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah, dapat membantu memperbaiki pernafasan bayi, serta dapat membantu proses pencernaan, bahkan pijat bayi sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh bayi
  4. Membantu pertumbuhan dari beberapa penelitian menjelaskan, berat badan serta tumbuh kembang bayi akan lebih baik dengan pijat bayi. bahkan bagi bayi yang premature, sangat berguna karena dapat menambah berat badan bayi hingga 47% dibandingkan dengan bayi premature yang tidak dipijat.
  5. Meningkatkan kesanggupan belajar Pijat bayi dapat merangsang indra pendengaran. indra penglihatan, dan indra peraba sang bayi. bahkan dapat meningkatkan daya ingat bayi, sehingga akan lebih mudah untuk kesanggupan belajar bayi secara cepat nanti.
  6. Membuat bayi tenang Bayi akan rileks dan merasa tenang saat dipijat, sama halnya seperti orang dewasa, sehingga pijat bayi juga sangat bermanfaat untuk membuat anak mudah tidur terlelap.

Lalu kapan waktu terbaik untuk melakukan pijat bayi?

Pada dasarnya tidak ada ketentuan kapan pijat bayi bisa dilakukan, apakah di pagi, siang, atau sore hari. Namun, ada waktu terbaik untuk melakukan pijat baby.

Salah satu waktu yang baik untuk melakukan pijat bayi adalah di antara jam menyusui si kecil. Pada jam-jam di antara menyusui tersebut, si kecil sedang tidak merasa terlalu lapar atau kenyang.

Sementara itu, melakukan pijat baby ketika si kecil akan tidur siang bukan merupakan waktu yang pas. Mengapa begitu? Sebab pijat bayi baik untuk dilakukan ketika si kecil terbangun, namun dalam keadaan tenang.

Nah, gimana kalau si kecil sering tidur dan sering menyusui, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pijat baby massage? Silahkan mencari waktu terbaik Anda sendiri, karena memang tidak ada patokan yang pasti untuk masalah waktu yang tepat ini.

Mungkin anda bisa melakukannya ketika si kecil selesai mandi, sebelum tidur malam, atau ketika menyusui sebelum tidur.

Pijat bayi yang dilakukan sebelum si kecil tidur dapat menstimulasi si kecil untuk lebih rileks sehingga lebih nyenyak ketika tidur.

 

Advertisements

2 thoughts on “Manfaat Pijat Untuk Bayi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s